Kumpulan Materi Pramuka Siaga Lengkap

Materi Pramuka Siaga akan kami ulas secara detail dari dari bebagai sumber dan referensi. Pramuka siaga perlu disampaikan beberapa materi agar tidak terjadi kekosongan kegiatan, berikut beberapa materi kegiatan pramuka siaga :


1. Perkemahan Sehari (Persari)
Perkemahan sehari merupakan kegiatan di luar ruangan (outdoor) yang lebih condong melakukan kegiatan di alam bebas,berhubung masih siaga untuk perkemahan hanya memakan waktu sehari saja, di kegiatan ini para anggota pramuka siaga dikenalkan kegiatan mengenal alam dan kekompakan.

2. Darmawisata
Dalam materi ini para anggota pramuka siaga ajak menuju tempat wisata sebagai ajang liburan dan menambah wawasan. Setelah itu para anggota siaga dapat memaparkan apa saja yang telah diperoleh dari hasil perjalanannya selama berdarmawisata. Diajarkan rasa peduli sesama dan cinta terhadap kekayaan alam serta budayannya.

3. Karnaval
Pramuka siaga dapat menampilkan pawai atau ajang pamer dari hasil kreativitasnya yang sebelumnya telah diajarkan terlebih dahulu bagaimana membuat suatu barang seni atau yang bermanfaat.

4. Permainan Bersama
Para anggota pramuka siaga dikumpulkan dan dikondisikan dalam suatu permainan yang dapat dilakukan secara bersama-sama.

5. Pentas Seni dan Budaya
Materi pramuka siaga ini menampilkan hasil dari latihan dalam bidang seni budaya, diharapkan para siaga dapat menunjukkan rasa cinta terhadap budaya bangsa sendiri dan tidak terlindas oleh budaya luar.

6. Pameran Siaga
Anggota siaga dikondisikan memamerkan hasil karyanya baik individu maupun kelompok yang dapat diliahat secara umum, hal ini menunjukkan bahwa pramuka siaga juga dapat memberikan kontribusi yang positif sehingga kelak dapat membuat suatu karya yang lebih bagus dengan kemampuan yang telah diasah.


Demikian beberapa Materi Pramuka Siaga yang dapat digunakan untuk referensi kegiatan yang berguna dan memiliki nilai positif.

1 komentar:

Posting Komentar