Kumpulan Permainan Pramuka Dan Manfaatnya

Sebagian orang yang salah pengertian tentang pramuka, mereka berfikir pramuka itu membosankan, namun sebenarnya lebih dari itu.. banyak lho Permainan Pramuka yang menarik banget dan gampang diikutin.
Permainan Pramuka adalah kegiatan yang bertujuan untuk menyegarkan pikiran para anggota pramuka yang dilakukan oleh secara kelompok. Anggota pramuka dapat dibagi menurut jumlahnya dan diberi nama yang berbeda. Setelah dibagi, nanti dicari juaranya melalui permainan pramuka tersebut.

Ada beberapa contoh Permainan Pramuka yang dapat di aplikasikan dalam berbagai kegiatan diantaranya adalah :

1.    KIM
KIM merupakan jenis permainan yang di temukan oleh Bapak Pramuka Dunia yaitu Baden Powell yang diambil dari ceritanya dala bukunya yang berjudul Scouting For Boys. Bentuk dari permainan KIM antara lain seperti KIM lihat, KIM rasa, KIM dengar, KIM cium, maupun KIM kombinasi.
2.    Memasukkan pensil ke dalam Botol
Permainan mungkin kelihatan mudah akan tetapi setelah melakukan ternyata memerlukan ketelitian yang cukup keras. Hal ini dapat dilakukan oleh 2 orang ataupun lebih, dimana seseorang dijadikan pengarah dan lainnya melaksanakan instruksi pengarah. Permainan ini akan semakin sukar apabila semakin banyak yang melakukkannya.
3.    Gajah dan Sapi
Dalam permainan pramuka ini cukup membutuhkan pendengaran yang baik dan kesiapan. Di permainan ini dilakukan oleh 4 orang, dimana seseorang sebagai pengarah dan 3 orang lain sebagai pelaksana, apabila pengarah menyebutkan gajah, maka orang yang berada di posisi tengah mengangkat satu kakinya dan menaruh tangan di pinggang. Apabila mengatakan sapi, orang yang berada di posisi tengah mengacungkan jempol ke bawah dan dua orang di sampingnya membentuk tangan seperti memerah susu.
4.    Tali Beringsut
Permainan ini memerlukan kesabaran maupun kerjasama kelompok yang baik sehingga bisa memisahkan satu tali dengan yang lainnya.
Permainan Pramuka itu banyak memberikan manfaat, daripada memainkan game digital lebih baik kita bergerak dan mengasah ketangkasan tubuh kan? Bisa sehat gitu. Hehe.. permainan ini dapat diandalkan antara lain untuk :
1)    Permainan Pramuka untuk penyegar otak
    Aktivitas yang banyak bisa membuat otak kita jenuh dan bahkan stres itu merupakan suatu tekanan. Banyak orang yang merasa jenuh terutama bagi siswa adalah dalam hal belajar. Maka dari itu, kita perlu mengadakan kegiatan yang mampu menyegarkan otak kita lagi, seperti halnya permainan. Kan tidak perlu mengeluarkan banyak uang.
Dalam permainan pramuka kita mampu bersenang-senang tanpa harus memikirkan beban yang berat.
2)    Permainan Sebagai Pembentuk Karakter
    Salah satu pembentuk karakter adalah adanya sebuah nilai yang mampu diserah oleh berbagai sumber seperti agama, pendidikan, dan ideologi. Namun nilai ini juga di dapat dari kegiatan yang menarik dan edukatif seperti halnya dalam permainan pramuka.
    Selain diajak untuk bersenang-senang dalam permainan pramuka juga dapat melatih kedisiplinan, tingkat ketelitian, kesiapan, kesamaptaan, serta tanggung jawab.
Menurut pengakuan dari Pramuka Penegak suatu Ambalan di kota Singaraja, dirinya menjadi terbiasa cepat dan tanggap setelah sering melakukan permainan pramuka.
3) Permainan Pramuka dapat mempererat Nilai Persaudaraan
    Manusia itu tidak akan bisa hidup tanpa manusia lain, hal tersebut memerlukan orang lain dalam hidupnya. Hubungan yang terikat satu dengan yang lain dapat menimbulkan hubungan yang dekat seperti halnya dengan saudara.
    Nah, di dalam permainan pramuka ini kita dapat menciptakan hubungan yang semakin dengan orang lain, dengan awal yang kurang akrap akan menjadi lebih akrab dan mengenal. Di saat kita melakukan permainan yang kompak tepat disanalah kita bisa menjadi seperti saudara.
Nah, seperti itulah bentuk-bentuk Permainan Pramuka dan manfaatnya semoga menjadikan kita manusia yang semakin baik, dan tidak terpengaruh oleh permainan yang modern yang notabene tidak memiliki dampak kesehatan dan emosional.




2 komentar:

MUHIWAN ROJI.S.PD.I mengatakan...

kak pembina minta saran gmn caranya jd pembina pramuka pada anak SD sementara saya tidak pernah ikut pramuka dari SMA,

anonymous99 mengatakan...

terima kasih

Posting Komentar