Materi Pramuka Penegak Terlengkap



Pramuka Penegak merupakan satu tingkat golongan setelah pramuka penggalang. Usia yang disandang oleh setiap anggota pramuka penegak antara 16-19 tahun. Apakah kamu tau kenapa disebut penegak? Karena itu merupakan sebuah kiasan di masa saat penegakan kemerdekaan bangsa kita Indonesia.

Untuk satuan terkecil di dalam pramuka penegak disebut dengan sangga serta kesatuan dari beberapa himpuan sangga disebut ambalan. Setiap sangga terdiri atas anggota berjumlah 7-10 orang. Untuk pucuk kepemimpinan dipimpin oleh seorang pemimpin sangga yang dipilih oleh anggota sangga itu juga. Nantinya tiap-tiap pemimpin sangga juga akan memilih salah seotang di antara mereka yang akan menjadi pemimpin sangga utama atau yang biasa disebut Pradana. Ambalan terdiri dari sejumlah sangga tersebut dipimpin oleh seorang Pradana.

Di dalam golongan Pramuka Penegak terdapat dua tingkatan, yaitu :
Pertama, penegak Bantara.
Kedua, Penegak Laksana.

Tiap-tiap anggota penegak yang usai menjalani SKU atau Syarat Kecakapan Umum berhak mengenakan TKU atau Tanda Kecakapan Umum berdasarkan tingkatannya yang dikenakan di pundak dengan dasar warna hijau. TKU sendiri untuk penegak berbentuk sebuah lambang tunas kelapa yang terlipat dua.
Kode Kehormatan bagi Pramuka Penegak, Pramuka Pandega, serta anggota dewasa, meliputi atas Janji yang merupakan Trisatya dan Ketentuan moral yang disebut dengan Dasa Darma.

Demikianlah seputar Materi Pramuka Penegak yang sedikit bisa diulas.

1 komentar:

Posting Komentar