Dasa Darma Pramuka Dan Penjabarannya


Dasa Darma Pramuka merupakan ketentuan moral dari setiap pramuka maka untuk lebih jelasnya  akan dijabarkan sebagaimana berikut ;
Penjabaran Dasa Darma Pramuka

Dasa Dharma
Pramuka itu:
1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Bahwa setiap pramuka beribadah menurut agama masing-masing dengan sebaik-baiknya serta patuh dan berbakti kepada Orang Tuanya dan sayang kepada saudara.
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
Pola perilaku yang sesuai ialah menjaga kebersihan sanggar, kelas dan lingkungan sekolah, menjaga kelestarian alam yang ada disekitarnya, membantu orang yang membutuhkan, mengunjungi yang sakit.
3. Patriot yang sopan dan kesatria.
Pola perilaku yang sesuai ialah mengikuti upacara sekolah atau upacara latihan dengan baik, menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, turut serta dalam bela negara, melindungi kaum yang lemah, belajar dengan baik.
4. Patuh dan suka bermusyawarah.
Pola perilaku yang sesuai ialah mengerjakan tugas dari guru, pembina atau orang tua, berusaha mufakat dalam setiap musyawarah, tidak mengambil keputusan yang tergesa-gesa.
5. Rela menolong dan tabah.
Berusaha untuk menolong orang yang sedang dalam musibah, tampa pamrih, tabah dalam menghadapi berbagai kesulitan, tidak banyak mengeluh dan berputus asa.
6. Rajin, terampil, dan gembira.
Yaitu setiap diri seorang pramuka tidak pernah membolos dari sekolah, dan selalu hadir dalam setiap latihan atau pertemuan, serta selalu riang gembira dalam melakukan pekerjaan.
7. Hemat, cermat, dan bersahaja.
Tidak bolos dan bersikap hidup mewah, rajin menabung, teliti dalam melakukan apapun, bersikap hidup sederhana, membuat perencanaan hidup.
8. Disiplin, berani, dan setia.
Selalu menepati waktu yang ditentukan, dalam diri seorang pramuka wajib mendahulukan kewajiban terlebih dahulu, berani mengambil keputusan, tidak mengecewakan orang lain, tidak ragu dalam bertindak
9. Bertanggung  jawab dan dapat dipercaya.
Menjalankan segala sesuatunya dengan sikap yang sangat bersungguh-sungguh, tidak mengecewakan orang lain, bertanggung jawab .
10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.
Berusaha untuk selalu berkata hal-hal yang baik dan benar serta tidak pernah berbohong, tidak pernah menyusahkan orang lain, berbuat baik kepada semua orang.
Kesimpulannya dengan adanya kode kehormatan bagi setiap gerakan pramuka, diharapkan pola tingkah laku atau tindakan para anggota Gerakan Pramuka akan menjadi lebih baik sesuai dengan tujuan dan sasaran dari Gerakan Pramuka seperti tercantum dalam anggaran dasar Gerakan Pramuka dan diterapkan sesuai Dasa Darma Pramuka.

1 komentar:

Posting Komentar