Sejarah Pramuka Di Dunia

Sejarah Pramuka Di Dunia bermula dari diterbitkannya buku Scouting For Boys sebab buku tersebut yang pertama membuat anak serta para remaja berbondong-bondong ikut serta gabung dengan kegiatan yang ada di alam terbuka yang dinamakan gerakan kepanduan. Buku tersebut ditulis oleh Baden Powell di tahun 1908. Untuk pertama buku ini beredar tanggal 15 januari 1908  oleh beberapa penerbit diantaranya Horace Cox, Windsor House, Bream’s Bulding,  serta London E. C. Buku ini begitu menarik perhatian dunia serta menjadi masterpiece dengan terjualnya secara besar-besaran di seluruh antero dunia sehingga mengalami beberapa kali cetak ulang. Yang menarik dari Scouting for Boys tentang awal gerakan pramuka ini, ditulis langsung oleh Baden Powell dengan menyertai gambar yang dibuat sendiri.
Gerakan Pramuka Indonesia

Selain telah mendirikan kepanduan putera, Lord Baden Powell juga membuat kepanduan untuk puteri yang didampingi oleh adik perempuannya, yaitu Agnes Baden Powell, yang dipilih menjadi presiden organisasi putri pertama yang ada di dunia dengan nama Rosebud, berubah dengan berganti menjadi Brownies di tahun 1914. Dia mengundurkan diri pada tahun 1917 dan digantikan oleh olave Baden Powell.

               Pandu siaga dibentuk di tahun 1916, sebagai ilustrasi dari kegiatan yang diperoleh dari buku karya Rudyard Kipling “The Jungle Book” yang menceritakan mengenai petualang si anak serigala yaitu mowgli, dan sahabatnya yaitu si macan baghera dan si beruang yaitu bugalo.

            Dua tahun berikutnya di tahun 1918, Baden Powell membuat kepanduan yang diperuntukkan Golongan penegak (Rover Scout). Guna meningkatkan kualitas para anggota penegak, dia menulis buku Rovering to Success ( mengembara untuk keberhasilan) di tahun 1922, yakni cerita seorang pemuda yang berlayar ke pantai bahagia dengan melewati berbagai macam rintangan batu karang yang ada (karang kehidupan) yang diantaranya wanita, judi, minuman keras, merokok, egois serta tidak percaya Tuhan. Jadi dari semula Baden Powell menerangka bahea untuk mencapai keberhasilan, para pemuda harus dapat menahan diri dari berbagai macam rintangan serta tantangan.

            Pada Tahun 1920 terbentuk Dewan Internasional yang memiliki sembilan anggota dan kantor pusat yang terletak di london. Kemudian Dewan Internasional berubah menjadi Biro Kepanduan Sedunia ( World Scout Buereau) yang pada tahun 1958 kantor pusat berpindah di kota Ottawa, kanada. Pada tahun itu juga, dipindahkan lagi di Jenewa,Swiss pada tanggal 1 Mei 1958.

            Biro kepanduan yang terdapat di berbagai negara dibagi menjadi dua, yaitu Biro Kepanduan Sedunia Putera yang berkedudukan di Swiss yang terdiri dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan, Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika Utara. Biro Kepanduan Sedunia Puteri berkedudukan di London, dengan wilayah Eropa, Asia Pasifik, Afrika, Amerika, dan Amerika Selatan. Itulah sekilas mengenai sejarah pramuka yang ada di dunia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar