Program Kegiatan Pramuka Untuk SD, SMP, SMA, dan SMK



Sebelum membahas Program Kerja Pramuka mari kita bahas dulu yang ini, kita sadar semakin banyaknya sarana rekreasi yang tersedia yang tidak hanya di perkotaan, tapi juga mencapai desa-desa di seluruh tanah air. Bioskop, rental playstation, rental game online, dsb telah membius semangat remaja dan anak-anak muda untuk berpetualang di alam liar.

BP pernah berpesan bahwa anak-anak yang benar-benar sehat adalah anak-anak yang terbiasa dengan kehidupan di alam bebas. Program bagi anggota pramuka SD  berpetualan merupakan salah satu kegiatan atau program yang menarik. Ada beberapa jenis petualangan yang dapat dilaksanakan, antara lain :
1. Berjalan Kaki
Berpetualang tanpa memakai kendaraan juga dapat mengasyikkan. Kita dapat memilih rute yang indah pemandangannya serta udara yang segar.
2. Bersepeda
Jika terdapat sepeda, berpetualan dengan sepeda juga dapat diaplikasikan. Dengan jarak yang lebih jauh bisa dilakukan berombongan.
3. Berkuda
Jika terdapat kesempatan, berpetualang dengan menggunakan kuda sangat menarik. Namun biayannya mahal. Tapi jika mampu mengapa tidak?

Sedangkan Program Pramuka untuk SMP, petualangannya bisa dilaksanakan di alam bebas namun dengan kegiatan yang menarik juga. Kegiatan tersebut seperti :
1. Memancing
Kegiatan yang dilakukan saat berada di alam bebas adalah memancing. Seorang pramuka harus dapat menangkap ikan. Jika tidak terdapat pancing bisa dengan jaring atau keramba.
2. Memotret
Berpetualang di alam bebas akan terasa menarik dengan kegiatan seperti memotret karena selain mengasah kemampuan,juga wujud cinta alam.

Tingkatan kegiatan yang lebih menantang bisa di terapkan dalam program kegiatan pramuka untuk SMA dan SMK, seperti kegiatan arum jeram, menembak, menyelam, kegiatan dengan tali ( roping, high rope, dll) hingga berkemah di alam bebas.

Masih banyak lagi program kerja kegiatan untuk pramuka yang dapat dikemas dengan menarik dan menantang minat anak-anak dan remaja mengikuti pramuka. Tinggal bagaimana cara para pembina menyelenggarakan kegiatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar